Kamis, 28 Juni 2012

Curug Sabuk Sumedang




Suasana Curug Sabuk Sumedang

 Curug Kahiji

Curug Kadua

Saung Curug Sabuk

Jalur Irigasi Curug Sabuk


Curug Sabuk (11/03) termasuk tempat paling populer di kalangan penggiat alam bebas. Suasana yang asri dan lestari menjadikan tempat ini layak untuk dikunjungi. Secara geografis Curug Sabuk terletak di Desa. Sukajaya Kec. Sumedang Selatan dan merupakan bagian dari Kawasan Pegunungan Kareumbi. Ada banyak jalur menuju Curug Sabuk. Jalur yang sering digunakan yaitu dari Desa. Margamekar Kec. Sumedang Selatan. Disetiap jalur memiliki medan bervariasi dengan tanjakan dan turunan yang cukup menguras tenaga. Perjalanan menuju curug memakan waktu sekitar 3 jam. Pertama-tama kita akan melewati areal persawahan, hutan pinus, kebun salak, dan diperjalanan akan menyebrangi dua sungai yang airnya sangat jernih. Kondisi Curug Sabuk sangat berbeda dari beberapa tahun yang lalu. Sekarang kondisinya kembali asri, lestari dan jalurnya sedikit tertutup. Dulu merupakan tempat wisata yang sangat komersil. Di areal curug terdapat warung yang dikelola para pemuda Desa. Margamekar dan menyediakan kebutungan para pengunjung. Kawasan Curug Sabuk sangat cocok untuk kegiatan-kegiatan outdoor. Disana terdapat area camping yang tersusun rapi menyerupai taman. Kita bisa membuka tenda dan menikmati dua curug indah yang berdampingan. Kedua curug mempunyai ketinggian yang hampir sama yaitu sekitar 60 meter. Sumber airnya sangat jernih dan dimanfaatkan warga untuk perairan irigasi sawah di pedesaan.
Menurut Pak Kusman sebagai petani “ Debit air yang dihasilkan curug semakin hari semakin berkurang karena faktor penebangan liar yang merajalela di daerah Pegunungan Kareumbi”
“Curug Sabuk dulu pernah dijadikan tempat persembunyian para teroris dan imbasnya pengunjung curug semakin berkurang karena suasana curug yang mencekam” pungkas Sang Juru Kunci
Tetapi kita tak perlu takut untuk berkunjung ke Curug Sabuk. Tempat indah yang patut dikunjungi para petualang alam bebas. Serta masih banyak tempat-tempat menarik di sekitar curug seperti Makam Keramat yang tepat berada diatas Curug Sabuk dan jika beruntung diperjalanan kita akan bertemu hewan-hewan langka seperti lutung, monyet dan kucing hutan. Jika kita ingin mengnjungi Curug Sabuk disarankan untuk melapor ke warga setempat tentang kegiatan kita dan mematuhi pantangan-pantangan yang diyakini warga setempat.
Sedikit informasi ini semoga membantu anda jika menginginkan berkunjung ke Kabupaten Sumedang,

abank.sumedang
Jalan Cut Nak Dhien 119
[085294562194]

3 komentar:

  1. Janten emut ka lembur. Hanjakal lami keneh uihna....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mngga ath. diantos akh pami aya di lembur. urg sami2 silaturahmi

      Hapus
  2. Ke hari trakhir diklat garjamara didinya bang...

    BalasHapus