Jumat, 29 Juni 2012

Gunung Karang Sumedang



Sunrice Gunung Karang Sumedang

Pemandangan Gunung Karang

Pemandangan Ceremai @Gunung Karang

Puncak Gunung Karang

Gunung Karang Sumedang

Potret Gunung Karang Sumedang

Sunrice Gunung Karang Sumedang

Aksi Bersih Gunung Karang Sumedang


Sumedang sebuah kota yang dihapit hamparan pegunungan. Mulai dari Gunung Manglayang, Gunung Geulis, Gunung Cakrabuana, Pegunungan Kareumbi, dan Kawasan Gunung Tampomas. Begitu banyak keindahan alam di kota Sumedang. Seperti di Kawasan Gunung Tampomas yang memiliki banyak keindahan panorama alamnya. Belum banyak orang yang mengetahui keindahan alam Gunung Tampomas secara menyeluruh. Hanya kerusakan alamnya saja yang mereka ketahui. Ada keindahan yang tersembunyi selain panorama dari puncak Tampomas. Sebuah tebing indah yang kita sebut Gunung Karang. Salah satu tempat paling indah di kota Sumedang. Keindahan struktur bebatuan menjadikan tebing terlihat seperti bekas letusan gunung. Tebing yang memanjang sekitar 500 meter dengan ketinggian sekitar 100 meter. Dalamanya cerukan yang menyerupai sebuah kawah purba. Ada Goa Rembes tepat berada di ujung tebing. Tempat itu sering dijadikan sumber air bagi hewan-hewan hutan seperti monyet dan lutung. Gunung Karang masih berada di Kawasan Gunung Tampomas, Kab. Sumedang, Kec. Cimalaka, Desa. Cibeureum. Diduga tebing-tebing di Gunung Karang adalah bekas letusan Gunung Tampomas sebelum zaman prasejarah. Dengan cerukan yang sangat dalam menyerupai kawah purba. Gunung Karang sangat cocok untuk berkemah. Tempat perkemahan yang berada di atas tebing menjadikan suasana sedikit mencekam. Untuk sampai ke Gunung Karang kita akan melewati penggalian pasir Cibeureum, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), hutan pinus, dan tebing-tebing bebatuan. Jalur Cibeureum yang kita pilih hampir sama dengan jalur menuju Puncak Tampomas. Hanya 2 jam perjalanan untuk mencapai Puncak Gunung Karang.
Menurut Sang Juru Kunci “Gunung Karang tempat yang lumayan angker. Kita harus sangat hati-hati dengan batu-batu tebingnya yang terkadang licin”
“Dulu juga ada mahasiswa yang pergi bermalan di puncak dan meninggal terpeleset ke dasar tebing karena kurang hati-hati” ujarnya
Akan tetapi tempatnya sangat cocok bagi yang menyukai tantangan. Memaju adrenalin dengan berkemah diatas tebing yang sangat curam. Gunung Karang menyuguhkan banyak keindahan. Diantaranya Puncak Tampomas dan Puncak Ciremai yang terlihat jelas dan sangat memanjakan mata. Terdapat flora dan fauna yang masih terjaga kelestariannya. Gunung Karang sebuah panorama alam yang tersembunyi. Masih banyak lagi tempat-tempat indah yang belum terjamah di Kawasan Gunung Tampomas.. Belum banyak orang yang mengunjungi Gunung Karang, bahkan tidak mengetahui sama sekali tentang keberdaan Gunung Karang. Tiket masuk gratis karena di Kawasan Gunung Tampomas tidak terdapat Pos Pendakian. Disarankan bila ingin mengunjungi Gunung Karang harus didampingi orang yang berpengalaman dalam kegiatan alam bebas dan selalu mematuhi pantangan-pantangannya. Disarankan memilih jalur penggalian pasir Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.


abank.sumedang
Jalan Cut Nak Dhien 119
[085294562194]

1 komentar: